Tradisi Tunangan Zaman Now

Di zaman sekarang memang berbeda dengan dulu yang tidak begitu ribet dan praktis. Namun, Indonesia dari dulu sudah menerapkan berbagai tradisi sehingga harus dilakukan oleh masyarakatnya. Tahukah anda bahwa sebuah tradisi jika tidak dijalankan biasanya akan berakibat kepada pribadi masing-masing, namun tergantung dengan yang melakukannya. Tidak semua tradisi harus dilakukan karena manusia memiliki kepercayaan sendiri.

Jika zaman dulu tunangan merupakan tradisi yang sudah berlaku namun bukanlah semewah seperti saat ini. Sebenarnya tunangan merupakan salah satu langkah awal dalam menuju pernikahan. Adapun acaranya adalah tukar cincin yang belum bisa dikatakah sah. Sebenarnya dalam acara tunangan sangatlah simple karena hanya menunjukkan bahwa sepasang kekasih akan menuju ke pelaminan. Namun, tahukah anda bahwa acara tunangan di zaman now sangatlah berbeda sehingga harus banyak persiapan untuk bisa menjalankan semuanya dengan lancar. Beberapa hal yang harus anda persiapkan saat melakukan tunangan diantaranya:

Orang Tua dan Keluarga

Dalam hal tunangan memang kedua orang tua antara pihak wanita dan laki-laki akan saling dipertemukan. Tentunya keduanya harus saling melakukan diskusi apakah mereka bisa saling menerima anaknya ataupun tidak. Ketika jarak keduanya sangat jauh, tentunya mereka juga harus memikirkan untuk tempat tinggal yang nyaman. Ketika acaranya sudah didepan mata, maka keduanya memang harus saling memberikan doa untuk kelancaran pernikahan nanti. Meskipun dalam tunangan tidak diwajibkan dalam hal apapun, namun sekarang justru lebih rumit karena harus ada berbagai acara.

Cincin Tunangan

Salah satu acara sakral di tunangan adalah tukar cincin. Jadi, sang pria sudah meresmikan adanya mengikat tali tunangan dengan cincin yang dilingkarkan di jari manis perempuan. Tentunya wanita mana coba yang tidak bangga ketika disaksikan oleh banyak orang atas tunangan ini. Dengan adanya acara tukar cincin tunangan yang menandakan menjadi langkah awal dalam pernikahan.

Pakaian/ Dress

Untuk acara tunangan sebenarnya tidak perlu rumit karena hanya sekedar mengawali acara pernikahan saja. Akan tetapi, di zaman now memang sangat berbeda karena berbagai macam modernisasi telah diusung. Jika dulunya hanya menggunakan pakaian saja sudah bukan menjadi masalah, namun banyak yang lebih menjalankan acara secara mewah dengan menyewa pakaian pernikahan. Biasanya, sang wanita akan di hias dengan menggunakan dress yang disewa. Meskipun make up yang digunakan tidak begitu glamour, namun kebanyakan mereka terus berusaha menjadi ratu dalam acara tunangan tersebut.

Parsel/ Bingkisan

Oleh-oleh atau buah tangan dari sang pria memang sudah bukan menjadi tradisi zaman now saja, melainkan di zaman dulu. Jika tradisi tunangan orang jawa pastinya akan dibawakan parcel berupa makanan tradisional. Sementara parcel lainnya seperti buah, kue dan sebagainya. Dengan berbagai bingkisan yang sudah diatur secara rapi pastinya akan memberikan kesan indah.

Dekorasi

Bukanlah sebuah pernikahan, namun mengusung tema yang elegan dan terkadang mewah. Tentunya semuanya harus saling memberikan yang terbaik untuk acara dalam tunangan sehingga sangat terkesan nantinya.

Demikian persiapan yang harus anda lakukan ketika mengadakan acara tunangan. Dipastikan acara tunangan bisa berjalan maksimal jika semua perencanaan sudah dijalani. Sangat disayangkan jika acara tunangan kalian rusak karena ada beberapa hal. Mempersiapkan banyak modal juga sangatlah penting karena secara otomatis akan membuat anda semakin mudah dalam melakukannya. Biasanya acara tunangan ini yang mempersiapkan adalah pihak wanita sehingga mereka harus bisa mengatur semuanya dengan tepat.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *